Istilah Bahasa Ngapak yang Umum Dikatakan Ngapaker

Bahasa ngapak merupakan salah satu rumpun bahasa jawa, yang umum dibicarakan oleh masyarakat jawa tengah bagian barat, diantaranya adalah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan beberapa wilayah lain. Bahasa ngapak cukup terkenal hampir di seluruh wilayah indonesia, hal ini karena masyarakat sekitar daerah ngapak banyak yang merantau ke berbagai daerah di indonesia.

Ciri khas Bahasa Ngapak yaitu logatnya jelas dan dengan akhiran yang tegas. Konon menurut cerita sejarah yang beredar di masyarakat Bahasa Jawa Ngapak lebih tua dari bahasa jawa lainnya. Hal ini dapat dilihat dari kosakata bahasanya yang kebanyakan berakhiran "A" bukan "O", yang memiliki kedekatan bahasa yang lebih daripada bahasa jawa lainnya yang lebih halus dengan akhiran "O".

Ada banyak sekali kosakata ngapak banyumasan yang seringkali dibicarakan oleh orang ngapak, namun tidak diketahui maksudnya oleh masyarakat jawa daerah lain, seperti solo dan yogyakarta yang notabenenya masih jawa, namun banyak kosakata bahasa ngapak yang mereka tidak tahu sama sekali artinya, berikut saya memiliki beberapa daftar kosakata ngapak yang semoga bisa membantu kawan semu yang bingung dengan bahasa ngapak yang disebutkan teman kalian.

Istilah Bahasa Ngapak yang Umum Dikatakan Ngapaker

Istilah Istilah dalam Bahasa Ngapak


Kepriben


Kata ini memiliki arti Bagaiamana. Ada juga yang sering menyebut dengan istilah Kepriwe maupuun Keprimen, itu artinya sama saja. Istilah yang paling populer didengar adalah Kepriben si Son? yang memiliki arti Bagaimana sih, Bro?


Inyong Kencot


Arti dari kata ini adalah mengungkapkan bahwa "Saya Lapar". Mungkin jika anda memiliki teman perantauan yang aslinya orang ngapak akan sangat sering mendengar istilah kosakata inyong kecot ini. Karena di daerahnya kata seperti ini sangatlah lumrah dan sudah pasti setiap hari di dengar.

Pecicilan


Kata yang satu ini tergolong agak kasar, yang memiliki arti grusa-grusu, sembarangan, naik motor kebut-kebutan juga seringkali disebut pecicilan. Pecicilan ini merupakan perilaku seseorang yang berperilaku ugal ugalan atau petakhilan dan banyak tingkah.

Cempulek


Kata ini memiliki arti ternyata. Penggunaan kata ini biasanya digunakan sebagai pernyataan rasa kaget mendengar sesuatu. Biasanya kata ini umum digabungkan menjadi "Owalah, Cempulek jebule kaya kue rika! yang artinya "Owalah, ternyata seperti itu kamu!

Badhog


Arti dari kata ini adalah Makan. Kata ini tergolong kata yang agak kasar, ada berbagai kata untuk makan yang lebih halus seperti Madhang, Mangan. Saking fenomenalnya kata ini di Kota Purbalingga ada sebuah tempat bernama Bancar Badhog Centre, lokasinya di kelurahan bancar atau timur alun alun purbalingga atau sebelum jembatan bancar.

Husss, Aja Kaya Kue


Kata ini mengandung peringatan atau larangan, dalam bahasa indonesia artinya : "Huss, jangan seperti itu".

Ora Ngapak, Ora Kepenak


Sebenarnya kata ini hanya sebutan dari sebuah komuntas ngapak, namun tidak ada salahnya saya jelaskan artinya di sini, mungkin teman teman ada yang sudah pernah mendengar kosakata ini dan penasaran dengan artinya. Kata Ngapak ini memiliki arti dalam bahasa indonesia " Tidak Ngapak, Tidak Enak (Nyaman) "

Demikian beberapa istilah atau kosakata dalam bahasa ngapak yang umum dibicarakan oleh orang ngapak. Semoga untuk pembaca dari luar daerah bisa menambah wawasan setelah membaca artikel ini.

Labels: Budaya

Terimakasi telah membaca Istilah Bahasa Ngapak yang Umum Dikatakan Ngapaker. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Istilah Bahasa Ngapak yang Umum Dikatakan Ngapaker"