Ingin Budidaya Ikan Hias? Cobalah Ikan Hias yang Mudah Beranak Ini

Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan ikan hias, namun tidak semua ikan mudah untuk dibudidaya. Jika Anda pemula dalam dunia ikan hias sebaiknya pertimbangkan untuk mencoba budidaya ikan hias yang mudah diternak, untuk mengantisipasi kegagalan pada saat pertama kali mencoba membudidayakan ikan hias.

Kali ini saya akan sedikit membahas beberapa macam ikan hias yang cepat bertelur dan mudah untuk dikembangbiakkan. Penasaran dengan jenis ikan apa saja ikan hias yang mudah untuk dipelihara? Simak di bawah ini untuk anda yang memiliki hobi memelihara ikan hias.

Ikan Hias yang Mudah Beranak dan Berkembangbiak


Gambar Ikan Molly
Ikan Molly

1. Ikan Molly


Bagi para aquascaper pemula biasanya akan disarankan untuk membudidayakan ikan molly, ikan hias cantik ini sangat mudah beradaptasi, selain itu ikan ini juga tidak ringkih alias tidak mudah mati. Selain itu membudidaya ikan molly juga terbilang cukup mudah loh. Saking mudahnya ikan jenis ini untuk berkembangbiak, tanpa dilakukan hal khusus terhadap ikan, ikan molly betina tetap mampu hamil dan bertelur dengan sendirinya. Dan burayak ikan molly akan bisa hidup dengan bergantung memakan sisa-sisa makanan indukan dan ikan molly besar.

Dan untuk menghindari dimakannya anakan ikan molly upayakan untuk rutin memberikan pakan untuk ikan molly dewasa, supaya ikan tidak kelaparan dan akan memakan ikan molly yang masih bayi. Selain itu memisahkan ikan molly besar dengan burayak akan lebih baik untuk menjaga kelangsungan hidup anak ikan molly yang baru lahir.

Gambar Ikan Guppy
Ikan Guppy

2. Ikan Guppy


Salah satu ikan hias yang cukup fenomenal karena keindahan yang dimilikinya, membuat banyak orang ingin memelihara ikan hias ini dan membudidaya ikan guppy. Ternyata cara membudidayakan ikan guppy cukup mudah loh, karena jenis ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Ikan ini tergolong cepat beranak karena ikan yang berumur 4 bulanan sudah siap untuk beranak dan berkembangbiak, selain itu ikan yang bisa dilahirkan dari ikan guppy betina bisa mencapa 30 - 35 ekor burayak dalam sekali melahirkan.

Gambar Ikan Platy
Ikan Platy

3. Ikan Platy


Ikan hias ini mirip seperti ikan molly, cukup tangguh dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, namun ikan jenis ini tidak seagresif ikan molly, ikan platy cenderung lebih tenang. Serta ikan hias ini memiliki spesies keturunan yang sangat beragam yang memiliki warna warna yang sangat cantik.

Ikan Platy tergolong ke dalam ikan yang mudah berkembangbiak dan satu ekor ikan platy betina bisa mengeluarkan 25 - 50 ekor burayak. Namun perlu diperhatikan ikan jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari ikan molly jadi perawatannya juga harus lebih diperhatikan.

Setelah mengetahui jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara, selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah cara memilih ikan yang berkualitas untuk dipelihara. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Memilih Ikan Hias yang Bagus


1. Pilihlah ikan yang agresif

Yang pertama dan paling penting adalah memilih ikan hias yang agresif, karena ikan yang bergerak dengan agresif sudah bisa dipastikan ini sehat dan sedang tidak sakit. Tentunya dengan harapan jika kita memelihara ikan ini nantinya tidak mudah mati dan bisa Anda kembangbiakan

2. Pilihlah Ikan yang warnanya cerah dan tidak pucat

Selanjutnya dalam memilih ikan hias untuk dipelihara di rumah kita harus memperhatikan warna ikan tersebut, usahakan dalam memilih ikan pilihlah ikan yang berwarna cerah, dengan harapan ikan yang memiliki warna cerah adalah ikan yang sehat dan tidak terkena penyakit dalam maupun luar.

Namun tidak menutup kemungkinan beberapa ikan hias memiliki warna yang tidak terlalu cerah dari lahir atau sesuai jenis ikannya. Namun tetap Anda harus mengutamakan ikan yang berwarna cerah sebelum memilih ikan yang warnanya pudar atau pucat.

3. Perhatikan Sirip dan Ekornya

Terakhir yang harus sangat diperhatikan, coba cek pada bagian sirip dan ekornya, jika ada luka atau salah satu bagisn ekor dan siripnya hilang. Karena jika tidak utuh, biasanya hal seperti ini dapat menimbulkan tumbuhnya berbagai bibit penyakit pada si ikan.

4. Perhatikan Tidak Ada Luka pada Bagian Tubuh Ikan

Yang terakhir kita harus jeli melihat bagian tubuh ikan hias secara keseluruhan, pastikan tidak ada bekas luka atau goresan luka, maupun bintik bintik merah, karena berdasarkan pengalaman saya ikan jika memiliki goresan luka dalam kurun waktu 1 atau 2 hari bisa mengalami kematian dan jika ada bintik bintik merah, baisanya itu adalah penyakit yang menyerang si ikan, meskipun bisa bertahan agak lama, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa cepat mati karena penyakit seperti ini bisa mematlkan ikan hias secara cepat

Labels: Hobi

Terimakasi telah membaca Ingin Budidaya Ikan Hias? Cobalah Ikan Hias yang Mudah Beranak Ini. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ingin Budidaya Ikan Hias? Cobalah Ikan Hias yang Mudah Beranak Ini"